logo

Profil Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

1. Landasan Penyelenggaraan.

Fakultas Ekonomi didirikan pada Tahun 1980 dengan membuka Program Studi S1 Manajemen, dan ada Tahun 1981 Institusi membuka Program Studi S1 IESP. Seiring dengan dinamika penyelenggaraan pendidikan tinggi, pada Tahun 1985 Institusi membuka Program Studi S1 Akuntansi, dan 5 tahun kemudian, yaitu Tahun 1990 dibuka Program Studi D3 M. Keuangan Dan Perbankan. Pada saat ini, semua program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi sudah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional – DIKTI.

Dalam melaksanakan fungsinya, institusi mengembangkan instrumen penilaian yang bersifat kualitastif terhadap pemenuhan standar minimal kriteria kelayakan dan kriteria normatif yang menunjukkan kualitas komprehensif mengenai penyelenggaraan program studi yang memperhatikan prinsip relevansi, atmosfir akademik, komitmen institusional, keberlanjutan, dan efisiensi. Sistem dikembangkan untuk menciptakan sinergi dalam pengelolaan sumber daya, rancanagan kebijakan institusional dalam pengelolaan dan pelaksanaan proses belajar mengajar, serta pencapaian tujuan, misi, visi dan relevansinya dengan tuntutan stakeholders.

Optimalisasi pemanfaatkan sumber daya yang dimaksud  mencerminkan indikator kinerja utama dalam pengelolaan institusional yaitu :
   1.         Penyelenggaraan program pendidikan
   2.         Infrastruktur
   3.         Sumber daya manusia
   4.         Sistem informasi

2. Penyelenggaraan Program Pendidikan.

Visi, Misi, Dan Tujuan Fakultas Ekonomi.

Visi :

Menjadikan Fakultas Ekonomi sebagai pusat pengembangan ilmu ekonomi, bisnis,  dan aplikasi ilmu pengetahuan (implikasi dari penelitian/pemecahan masalah) di bidang ekonomi dalam pengembangan sumber daya ekonomi terutama SDM yang didasarkan kepada kultur budaya masyarakat yang religius.

Misi :

Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan akademik guna menghasilkan SDM yang memiliki keunggulan kompetitif, berwawasan luas, dan ditunjang oleh kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara terintegrasi terutama dalam pengembangan industri kecil dan menengah.

Tujuan :

a) Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik/profesional dalam bidang ekonomi terutama dalam aplikasi ilmu ekonomi, dan bisnis, serta mampu bekerja secara mandiri, bersifat terbuka, dan tanggap terhadap perubahan/perkembangan ilmu pengetahuan maupun teknologi.

b) Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan  di bidang ekonomi melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Guna mewujudkan sasaran, tujuan, misi, dan visi tersebut, Institusi membuka 3 (tiga) Jurusan, dan 1 (satu) program Studi Diploma Tiga, yaitu :
   1)      Jurusan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan (S – 1).
   2)      Jurusan Manajemen (S – 1).
   3)      Jurusan Akuntansi (S – 1).
   4)      Program Studi Manajemen Keuangan Dan Perbankan (D – 3).

Setiap Jurusan/Program Studi bertanggungjawab untuk menjabarkan visi, misi, dan tujuan Institusi kedalam visi, misi, dan tujuan Jurusan/Program Studi, dan mewujudkannya dalam kurikulum yang berbasis kompetensi, sehingga civitas akademika memiliki pandangan yang komprehensif mengenai pokok penyelenggaraan pendidikan, dan apa yang ingin dicapai Institusi di masa yang akan datang.

3. Infrastruktur.

Universitas Siliwangi berdiri di atas lahan yang luasnya lebih dari 15 hektar. Pengembangan fasilitas fisik dilakukan berdasarkan pusat-pusat kegiatan sebagai berikut :
   1)      Pusat Kegiatan Akademik
   2)      Pusat Kegiatan Administrasi
   3)      Pusat Komputer
   4)      Pusat Kegiatan Mahasiswa
   5)      Perpustakaan Pusat dan Pusat Layanan Internet
   6)      Fasilitas Umum (Masjid, Bank, BMT, Kantor Pos, Restoran, Taman)
   7)      Pusat Kegiatan Olah Raga
  8)   Bank Mini, dan Workshop (hotel, restoran, rumah kaca, kebun/kolam Percobaan).

Seluruh prasarana yang dimiliki masih memungkinkan untuk mengantisipasi jumlah mahasiswa dalam jangka panjang, karena beberapa indikator persyaratan terselenggaranya PBM yang memadai masih dipenuhi. Sebagai contoh floor area ratio, building coverage, serta Kontrol Udara (sirkulasi) memiliki rasio populasi per satuan luas (kepadatan hunian) mencapai 32,36 m2 per orang (lebih besar dari standar yang ditentukan : 25 m2 per orang) dan full time aquivalent kurang dari 80%.

Fakultas Ekonomi sebagai salah satu institusi pelaksana akademik, memiliki prasarana yang penggunaannya bersifat khusus dan dilengkapi dengan fasilitas/peralatan yang memadai, yang terdiri dari :
   1.  Ruang Pimpinan Fakultas
   2.  Ruang Pimpinan Jurusan   
   3.  Ruang Dosen
   4.  Ruang Tata Usaha
   5.  Ruang Arsip Permanen
   6.  Ruang Rapat
   7.  Ruang Kelas
   8.  Ruang Laboratorium, dan Bank Mini
   9.  Ruang Sidang
   10.Pusat Kegiatan Mahasiswa Jurusan Dan Fakultas
   11.Perpustakaan Fakultas
   12.Mushola
   13.Dapur
   14.Toilet

Fasilitas/peralatan yang dapat menunjang kegiatan PBM di setiap pusat-pusat kegiatan pokok setiap tahun selalu dipantau dan ditindak lanjuti dengan  perbaikan maupun penambahan peralatan baru. Failing data mengenai fasilitas/peralatan administratif, furniture, kendaraan dan peralatan kelas/laboratorium (kursi, alat bantu PBM, komputer) sudah menggunakan  sistem komputerisasi sehingga mudah dipantau setiap saat. Jumlah peralatan yang ada disetiap unit disesuaikan  dengan perkembangan jumlah mahasiswa, dosen, dan karyawan. Guna mengoptimalkan fungsinya dalam menunjang kegiatan akademik, institusi mengembangkan host disamping fasilitas internet yang dapat dikembangkan sampai 255 titik sambungan komputer.

4. Sumber Daya Manusia.

Pengembangan tenaga pengajar dari aspek profesionalismenya dibina melalui program  :
   1.       Peningkatan jabatan akademik sebagai legalitas dari fungsi.
   2.       Pendidikan Formal Lanjutan (Pascasarjana)
   3.       Kegiatan penelitian.
   4.       Pengabdian kepada masyarakat.
   5.       Partisipasi dalam pertemuan ilmiah.

Adapun dosen yang membina matakuliah dan praktekum berdasarkan kurikulum Jurusan/Program Studi di lingkungan Fakultas Ekonomi terdiri atas Dosen Tetap dan Dosen Luar Biasa.

Selanjutnya, dalam proses pembelajaran di tingkat Jurusan/Program Studi, setiap mahasiswa diberi bimbingan akademik dan layanan umum. Dal hal ini Institusi menetapkan keberadaan dan fungsi Dosen Wali bagi setiap mahasiswa. Aturan dan prosedur pemberian bimbingan akademik dan layanan umum ditetapkan dalam Pedoman Akademik Universitas, dan Pedoman Pengelolaan Fakultas Ekonomi.

Guna memberikan layanan akademik kepada mahasiswa dalam proses belajar mengajar, pembinaan setiap mata kuliah dilakukan minimal oleh 2 (dua) orang Dosen yang telah memiliki jabatan akademik, sedangkan dalam proses penyelesaian tugas akhir mahasiswa dibimbing oleh 2 (dua) orang Dosen Pembimbing dengan jabatan akademik dan disiplin ilmu yang sesuai. Selain itu, secara institusional, nisbah Dosen – mahasiswa diupayakan sesuai dengan nisbah normatif (misalnya : rata-rata nisbah Dosen Tetap Dan Tidak Tetap terhadap Mahasiswa adalah 1 : 21).

Pembinaan kepada mahasiswa tidak hanya dilakukan secara individual, tetapi juga dilakukan melalui pembinaan keorganisasian melalui Ormawa (organisasi Kemahasiswaan) dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), dalam hal ini Institusi menyediakan dosen pembinanya.

Guna menunjang kegiatan akademik, dan layanan kepada dosen dan mahasiswa, penatausahaan akademik dilakukan secara khusus oleh Staf Administratif  yang ditempatkan dengan pemisahan tugas dibawah pimpinan Kepala Tata Usaha. Dengan demikian Dosen dapat secara penuh melaksanakan fungsinya dalam Tridarma perguruan Tinggi.

5. Sistem Informasi.

Tingkat ketergantungan manajemen di lingkungan Universitas Siliwangi terhadap informasi yang akurat, relevan, tepat waktu dan lengkap semakin meningkat. Oleh karena itu, institusi membangun sistem informasi manajemen yang berbasis komputer. Sistem Informasi Manajemen yang dimaksud berorientasi kepada komunikasi dan menggunakan jaringan internal LAN bagi kepentingan on campus connectivity, dan sistem informasi tersebut dihubungkan dengan jaringan eksternal melalui Internet.

Dalam lingkup internal, sejak tahun 1995 Sistem Informasi Manajemen Universitas menyediakan database yang dapat diserap oleh Sistem Informasi Akuntansi, dan Sistem Pendukung Keputusan. Dengan demikian penatausahaan akademik, umum, keuangan dan kemahasiswaan dapat dilakukan secara terintegrasi.     Dengan adanya sistem informasi yang berbasis komputer tersebut, pemeliharaan/pemutakhiran data dapat dilakukan secara terintegrasi, distribusi data/informasi menjadi cepat dan akurat serta transfaran (setiap unit kerja dapat mengakses output), dan penyerapan data/informasi oleh users memenuhi kaidah kelengkapan (sufficient). Guna menjamin keamanan sistem informasi tersebut, institusi menerapkan pengendalian atas akses, terutama dalam manajemen data entry. Sedangkan untuk mendukung kebutuhan semua tingkatan manajemen dan unit kerja disediakan fasilitas komputer yang jumlah dan spec-nya memadai. Sebagai upaya penyerapan informasi dan publikasi global, Fakultas Ekonomi mengelola situs dengan web site : http://fe.unsil.ac.id, dan e-mail : info@fe.unsil.ac.id. Disamping itu, institusi memiliki jaringan  internet dengan kapasitas terpasang sebanyak 255  komputer. Dengan demikian setiap unit kerja, termasuk Dosen dan Staf Administratif dapat memanfaatkan fasilitas intenet tersebut.

Sementara itu, fasilitas internet bagi mahasiswa disediakan secara sentralisasi oleh Warintek di bawah koordinasi Perpustakaan Pusat. Guna mendukung proses akademik, institusi melalui unit kerja Perpustakaan Pusat memberikan pelayanan perpustakaan on line dengan beberapa perguruan tinggi di Jawa barat dan banten.

Kebijakan institusi untuk menyediakan fasilitas internet sampai kepada kelompok dosen (disamping mahasiswa) didasarkan kepada kebutuhan penyerapan informasi ilmiah (ilmu pengetahuan) yang lebih cepat dan murah, sehingga dalam proses belajar mengajar, dosen dapat mentransfer/memberikan pengayaan dan perluasan ilmu pengetahuan yang bersifat kekinian kepada mahasiswa. Sedangkan bagi tenaga administratif, akses internet diharapkan dapat menambah wawasan yang berorientasi akademis, sehingga visi, misi, dan tujuan institusi lebih mudah untuk dicapai.
(document http://fe.unsil.ac.id)