logo

Jaringan Telkomsel Siap Hadapi Pemilu 2009 Rabu, 8 April 2009 - 10:09 wib

JAKARTA - Telkomsel memastikan kesiapan jaringan komunikasinya untuk menghadapi Pemilu 2009, yang akan diadakan tepat 9 April 2009. 

Berbagai elemen network seperti SMSC (Short Message Service Center), BTS (Base Transceiver Station), MSC (Mobile Switching Center), dan IN (Intelligent Network) telah siap melayani, terutama 72 juta pelanggan Telkomsel yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia hingga pelosok.

"Untuk komunikasi suara, jaringan Telkomsel menghadirkan tingkat Call Completion Success Rate mencapai 98,58 persen, hal ini menggambarkan tingginya tingkat kesuksesan suatu komunikasi sejak tersambung hingga selesainya percakapan," papar Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno di Jakarta, Rabu (8/4/2009).

Untuk kenyamanan komunikasi SMS, Telkomsel menyediakan kapasitas handling 47.100 SMS/detik atau berkemampuan melayani hingga 4 miliar SMS/hari. Selama masa kampanye, trafik penggunaan SMS pelanggan Telkomsel fluktuatif sekira 310 hingga 325 juta SMS perhari dimana tidak terlalu terjadi peningkatan yang signifikan dibanding hari normal biasa yang rata-rata per harinya juga berada di kisaran itu.

Dari sisi jaringan, Telkomsel telah membangun sekira 27.500 BTS yang menjangkau lebih dari 95 persen wilayah populasi Indonesia, Dan untuk kenyamanan layanan data, jaringan Telkomsel telah didukung teknologi canggih mulai dari GPRS, EDGE, 3G WCDMA hingga HSPDA.

Telkomsel juga telah menghadirkan Mobile Switching Center (MSC) sejumlah 111 MSC untuk mejaminkan kelancaran koneksi komunikasi. Di samping itu untuk kenyamanan pelanggan kartu prabayar, Telkomsel juga telah menyediakan kapasitas handling Intelligent Network (IN) sebesar 97 juta, mengingat hampir 95 persen pengguna seluler Indonesia adalah pelanggan prabayar.

Seluruh elemen infrastruktur Telkomsel telah menghadirkan kemampuan handling pelanggan atau HLR (home Location Register) hingga lebih dari 100 juta pelanggan. Bahkan mengingat bayaknya perantau yang akan pulang kampung untuk menggunakan hak pilihnya sekalian liburan karena hari H Pemilu diikuti libur panjang (long weekend), Telkomsel telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan atau Visitor Location Register (VLR) sebesar 73 juta.

?Kebutuhan komunikasi masyarakat menjelang Pemilu dan libur panjang ini diperkirakan meningkat. Kesibukan panitia dan kontestan Pemilu tentunya sangat membutuhkan dukungan sarana komunikasi baik untuk koordinasi, penyebaran informasi, maupun komunikasi antara petugas-petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar,? ungkap Sarwoto. (okezone.com)


top   to bottom


share share | kirim | cetak | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Sain dan Teknologi" Lainnya