logo

Regional Accounting Seminar (13 Juni 2008)

Perubahan sistem akuntansi merupakan kunci dari reformasi keuangan daerah karena sistem inilah yang dapat menghasilkan output yang sesuai dengan PP No. 105 Tahun 2000. Sistem double entry dan accrual basis dapat mencerminkan kinerja suatu entitas pemerintahan termasuk transaparansi dan akuntabilitas yang diamanatkan oleh PP 105 Tahun 2000. Sistem Akuntansi Keuangan Daerah masih sulit untuk disusun, hal ini bukan dikarenakan aspek politis melainkan berasal dari permasalahan teoritis, sistem dan prosedur akuntansi yang timbul dari perubahan yang dituntut oleh PP 105 Tahun 2000.

Pengelolaan keuangan daerah merupakan pengelolaan anggaran ( APBD ), APBD agar dikelola dengan baik memerlukan alat yaitu akuntansi. Akuntansi digunakan pada tahap pelaksanaan anggaran, agar anggaran tersebut dapat dikendalikan. Tahap pelaksanaan anggaran merupakan siklus yang penting dalam pengelolaan anggaran, hal ini dikarenakan agar pelaksanaan APBD tidak mengalami penyimpangan dari tujuan semula. Dari pengelolaan anggaran yang baiklah dapat tercipta akuntabilitas publik yang tinggi.

Permasalahan tersebut merupakan kesulitan yang dialami oleh seluruh pemerintahan daerah di Indonesia dalam pengelolaan keuangan dengan pendekatan kinerja yang saat ini masih terus disempurnakan agar dapat memenuhi peraturan perundangan yang berlaku agar bisa tercapai transparansi, akuntabilitas publik dan terwujudnya Good Governance.

Berkaitan dengan hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Akuntansi ( HIMATANSI ) Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi Tasikmalaya menyadari betapa pentingnya peranan dunia akuntansi dalam penyediaan informasi keuangan yang memadai untuk pengelolaan keuangan daerah yang baik sebagai prasyarat menuju good governance, maka kami merasa perlu mengadakan forum ilmiah melalui seminar dalam rangka penyempurnaan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah setelah dikeluarkannya UU No. 22 dan 25 Tahun 1999 dengan tema “ PERANAN AKUNTANSI DALAM ANGGARAN PEMERINTAH DAERAH ” yang akan diselenggarakan pada hari Jum'at 13 juni 2008.


Reginal Accounting Seminar 2008







top   to bottom


share share | kirim | cetak | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Himatansi News" Lainnya