logo

Kontroversi Film FITNA

Film kontroversional Fitna, Setelah ditampilkan melalui situs berbagi video yang berbasis di Inggris, www.liveleak.com, film anti Islam berjudul 'Fitna' beredar pula di situs youtube.Dalam waktu singkat, film kontroversial yang dibuat anggota parlemen Belanda Geert Wilders telah disaksikan oleh ribuan orang yang mengakses situs youtube tersebut.

Film yang berdurasi sekitar 17 menit itu secara umum menggambarkan penyerangan teroris yang terjadi di New York dan Madrid yang kemudian dihubungkan dengan ayat Al Quran.Rangkaian adegan film dibuka dengan gambar pesawat yang menghantam menara kembar WTC pada 11 September 2001 silam dengan latar suara seseorang dari ujung telepon yang melaporkan keadaan bahaya. Adegan selanjutnya adalah cuplikan gambar korban tewas dalam peristiwa pemboman kereta bawah tanah di Madrid pada tahun 2004.setelah itu, Wilders menampilkan potongan ayat sebuah surat dalam Al Quran yang kemudian diterjemahkan sebagai dasar keyakinan bagi orang Islam untuk melakukan 'teror terhadap musuh Allah'. Pemaparan ini menjadi bagian film dari menit kedua hingga menit kesepuluh.

Sejumlah protes keras pun langsung disampaikan para pengakses film tersebut dalam kolom komentar di youtube. Namun, Wilders menolak tuduhan filmnya ini sebagai provokasi. Ia berdalih film Fitna adalah peringatan karena Islam dan Al-Quran berpotensi mengancam kebebasan warga Belanda dan Eropa. Selain itu ia juga mendesak Eropa untuk menaklukkan Islam.

Pemutaran film tersebut kontan menuai kecaman dari masyarakat muslim Belanda. Mereka menggelar demonstrasi di luar gedung parlemen di Den Haag. Mereka menyebut Wilders pembohong dan zionis.Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende menyesalkan penyebaran film tersebut. Pemerintah Belanda juga menyatakan Wilders tidak mewakili negara dan rakyat Belanda.

sumber: detiknet.com

top   to bottom


share share | kirim | cetak | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Himatansi News" Lainnya