logo

Workshop Jurnalistik

Mendengar kata jurnalis tentunya sudah tidak aneh lagi di telinga. Jurnalis atau wartawan merupakan seseorang yang melakukan kegiatan menulis berita atau informasi berupa laporan untuk disampaikan kepada masyarakat. Laporan tersebut bisa disampaikan melalui beberapa alat media massa berupa koran, majalah, televisi, radio, film dokumentasi dan majalah. Informasi yang diberitakan  harus berisi fakta yang jujur, paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat. Kebutuhan akan informasi di zaman ini terus meningkat. Hal ini menuntut jurnalis untuk memburu berita yang hangat, terbukti kebenarannya dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Karena itu seorang jurnalis dituntut untuk menjadi seseorang yang kritis dan lebih peka terhadap kejadian-kejadian yang ada di lingkungan sekitar. Jurnalis menyuarakan kebenaran melalui tulisan, reportase, analisis yang disertai fakta sesuai dengan kode etik jurnalisme sebagai pewarta informasi untuk publik. Dewasa ini jurnalis lebih memilih diam ketimbang menyuarakan kebenaran dari fakta yang ada, hal ini membuat tranparansi media menurun dan dapat mengakibatkan kepercayaan masyarakat pada pemerintah ikut menurun. Karena itu seorang jurnalis harus menjadi seorang yang independen, mampu dan berani mengemukakan fakta.

Atas dasar hal tersebut, sesuai dengan program kerja Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi Tasikmalaya, kami bermaksud akan menyelenggarakan kegiatan pelatihan dalam bidang jurnalistik. Memberikan pengetahuan bagi mahasiswa bagaimana cara mencari hingga menghasilkan sebuah berita atau informasi  yang memiliki nilai berita sehingga dapat tersampaikan pada publiknya.

Kemudian untuk merealisasikan kegiatan yang bertemakan Let’s Speak Up and Be A Critical Journalist, kami selaku panitia meminta izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Adapun yang menjadi peserta kegiatan ini adalah tingkat pelajar SMA/sederajat dan mahasiswa.

Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan ini kami sangat mengharapkan agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi Dunia Jurnalistik Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Siliwangi.

 

 

A.    SASARAN KEGIATAN

Sasaran dari Workshop Jurnalistik 2014 ini adalah pelajar tingkat SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, serta Mahasiswa se-Kota Tasikmalaya.

 

 

A.    WAKTU DAN TEMPAT

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan Workshop Jurnalistik

Hari                 : Sabtu

Waktu             : Pukul 08.00 s/d selesai

Tanggal           :  5 April 2014

Tempat            : Gedung Rektorat Lt. 2

 


top   to bottom

share share | kirim | print | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "accounting anniversary" Lainnya