logo

National accounting seminar

Dalam era globalisasi, reformasi, dan tuntutan transparansi yang semakin meningkat, peran akuntansi semakin dibutuhkan. Tidak saja untuk kebutuhan pihak manajemen suatu entitas, tetapi juga untuk kebutuhan pertanggungjawaban kepada banyak pihak yang memerlukan. Akuntansi memiliki peranan yang penting dalam pembangunan nasional sebuah negara. Setiap negara memiliki standar tersendiri sebagai acuan dalam pembuatan laporan keuangan. Indonesia sendiri memiliki empat pilar standar akuntansi, yaitu Standar Akuntansi Keuangan, Standar Akuntansi Keuangan ETAP, Standar Akuntansi Syari’ah, dan Standar Akuntansi Pemerintah. 

Sebagai upaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih , akuntansi pemerintah  merupakan  salah  satu aspek  penting  dalam menjalankan program perekonomian pemerintah, dan secara umum dalam usaha  meningkatkan  kesejahteraan  masyarakat.  Pemerintah diharapkan  untuk  dapat  meningkatkan  efisiensi  pemanfaatan  anggaran dalam menjalankan program-programnya, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat  secara efektif, dalam hal ini akuntabilitas  menjadi isu yang sangat penting dalam menjaga efisiensi dan efektivitas pemanfaatan  anggaran.

Secara pesat perkembangan akuntansi pemerintahan dipengaruhi oleh era reformasi yang pada akhirnya menghasilkan tiga paket undang-undang di bidang keuangan negara. UU No.17 th 2003 tentang Keuangan Negara menjadi pijakan penting perkembangan akuntansi pemerintahan di Indonesia. UU Keuangan Negara tersebut diikuti pula dengan UU No.15 th 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung jawab Keuangan Negara serta UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Ketiga UU tersebut akan mendorong pemerintah untuk mengelola keuangan negara dengan lebih baik dan membuat pertanggung jawabannya berupa laporan keuangan yang disusun berdasarkan suatu standar akuntansi pemerintahan.

Namun,  adanya perekonomian global, organisasi sektor  publik juga mengalami dampak  dari  perubahan  ekonomi,  sosial,  lingkungan,dan bisnis global.  Pemerintah   menghadapi  isu-isu  seperti  ketidakpastian, kondisi  ekonomi  global yang semakin tidak menentu serta isu terkait dengan perdagangan bebas yang menghadirkantantangan dan kesempatan tersendiri.  Dalam menghadapi kondisi  seperti ini, komunikasi merupakan salah satu aspek yang  perlu  untuk ditingkatkan  intensitasnya. Sebagai  salah  satu  bagian  penting  dari  ekonomi  Indonesia, profesi akuntan diharapkan dapat  menjadi  salah  satu  pilar  yang  memperkokoh  pondasiperekonomian, serta ikut berperan  serta  aktif  dalam meningkatkan akuntabilitas Indonesia, baik secara domestik, regional maupun global.

Selanjutnya permasalahan dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan pemerintah, khususnya daerah adalah masih banyaknya ditemukan ketidakberesan, ketidakteraturan dan ketidakbenaran, dan bahkan penyimpangan dalam pengelolaan serta pertanggungjawaban keuangan daerah termasuk banyaknya asset daerah yang dikelola secara tidak layakdan dilaporkan secara tidak wajar dalam laporan keuangan. Permasalahan tersebut menjadi perhatian serius karena menunjukkan kurangnya itikad baik pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun para praktisi akuntansi sektor publik untuk menciptakan pengelolaan keuangan pemerintah daerah yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean government)sehingga menurunnya kredibilitas pemerintah.

Oleh karena itu, begitu banyaknya kemungkinan – kemungkinan yang harus kita bedah mengenai isu-isu di atas, maka kami Himpunan mahasiswa akuntansi (Himatansi) Universitas Siliwangi ingin mengupas lebih jauh mengenai issue tersebut. Untuk menjembatani hal tersebut, kami mengadakan forum ilmiah melalui seminar akuntansi nasional ini. Kami berharap dengan adanya seminar nasional ini dapat memotivasi mahasiswa/mahasiswi, instansi pemerintah serta pihak yang berkepentingan untuk lebih mengetahui dan memahami pelaporan keuangan dalam pemerintahan. Selain itu juga kami berharap bahwa seminar yang kami adakan dapat memberikan konstribusi positif bagi kemajuan perekonomian bangsa dan kita dapat mengimplementasikannya.

 

 


top   to bottom

share share | kirim | print | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Himatansi News" Lainnya