logo

Konsumsi Kopi Saat Hamil, Perlambat Pertumbuhan Bayi

NEW YORK - Perempuan hamil yang minum enam cangkir kopi setiap hari kemungkinan besar akan melahirkan bayi lebih kecil daripada wanita yang mengkonsumsi sedikit kafein. 

Peneliti yang dilakukan oleh Erasmus Medical Center di Rotterdam melibatkan lebih dari 7.300 perempuan Belanda dari awal kehamilan dan seterusnya. Di antara para responden tersebut, 2 hingga 3 persen mengatakan bahwa mereka mengkonsumsi kafein enam cangkir per hari selama trimester pertama dan seterusnya. 

Rata-rata, panjang bayi yang mereka lahirkan sesudahnya lebih pendek daripada bayi yang dilahirkan oleh ibu yang jarang mengonsumsi kafein selama kehamilan.

"Asupan kafein tampaknya mempengaruhi pertumbuhan ukuran janin dari trimester pertama dan seterusnya, "kata peneliti Rachel Bakker seperti dikutip melalui Reuters, Jumat (21/5/2010).

Selain itu, konsumsi kafein dalam jumlah banyak juga memiliki risiko tinggi melahirkan prematur. 

Temuan itu, bagaimanapun, didasarkan pada sejumlah kecil bayi, dan signifikansinya pun belum bisa dipastikan. Dari 104 bayi yang dilahirkan oleh perempuan dengan kadar kafein tertinggi, tujuh di antaranya lahir prematur.
 (srn)


okezone.com

top   to bottom


share share | kirim | cetak | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Sain dan Teknologi" Lainnya