logo

Tekankan Pentingnya Hutan Tropis Bagi Dunia

OSLO - Konferensi Iklim dan Hutan di Oslo, Norwegia diawali dengan pemutaran video mengenai pentingnya hutan tropis dalam menyerap karbon global dan mengatasi perubahan iklim. Dalam video yang berdurasi sekira 4 menit tersebut ditunjukkan bagaimana hutan tropis di seluruh dunia terus berkurang tiap tahun.

Disebutkan, 13 juta hektar hutan lenyap tiap tahunnya dan menyumbang 17 persen dari emisi karbon global. Karena itu, dibutuhkan upaya bersama yang terkoordinasi secara global untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Laporan wartawan okezone yang mengikuti rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada pertemuan Reductions of Emissions from Deforestation and forest Degradation (REDD) di Norwegia, Kamis (27/5/2010), Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dalam video tersebut menegaskan, dunia tak punya pilihan selain mengambil tanggungjawab bersama karena peran hutan tropis sangat penting.

Usai pemutaran video dilanjutkan dengan pidato sambutan dari Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg sebagai tuan rumah dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku co-chairs.

Menurut keterangan Stoltenberg, konferensi ini diikuti 50 negara lebih dan juga sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang peduli hutan.

Saat berita ini diturunkan, Pangeran Charles yang duduk bersebelahan dengan Presiden Yudhoyono tengah menuju panggung untuk menyampaikan pandangannya.
 (srn)


okezone.com

top   to bottom


share share | kirim | cetak | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Sain dan Teknologi" Lainnya