logo

Training Motivation

Senin(17/05) telah diadakan  Training Motivation yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas Siliwangi, dengan tema “Wahana Membangun Masa Depan Unsil yang Lebih Gemilang”. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan oleh DEM UNSIL dalam rangka menyambut Dies Natalis UNSIL yang ke-32. Dengan pembicara yang sudah sangat kompeten yaitu Aa Deda dari Da’arut Tauhid, dengan cara penyampaian presentasi dan training yang sangat dinamis, informal, kekeluargaan, ditambah dengan keunikan dalam mengemas cerita hikmah, menjadikan training-training merupakan sebuah pembelajaran yang sangat menyenangkan serta sangat menarik. Peserta yang dibatas, tidak lebih dari 50orang, membuat suasana training lebih kondusif, interaktif dan suasana kekeluargaan yang sangat terasa selama training.

Training yang dimulai sekitar pukul 09.00, membahas bagaimana kita menghadapi kehidupan dengan berbagai masalah yang dihadapi, dan kehadirannya tidak akan pernah luput dari kehidupan kita, namun tanpa kita sadari, terdapat banyak potensi dari dalam diri kita yang mungkin belum tergali dan terlatih, sehingga, apabila kita menghadapi masalah dalam hidup kita, maka harus diatasi dengan potensi yang kita miliki, dengan itu, kita akan sangat mudah menghadapi serta memecahkan masalah dalam hidup kita. Jadi, masalah yang sesungguhnya bukan terletak pada masalah, melainkan sikap terhadap masalah / persoalan tersebut.

Terdapat 5 kiat praktis positif dalam menghadapi persoalan hidup, yaitu:

  1. Siap, Dengan persiapan yang matang, semua akan menjadi tenang. Siap menghadapi kenyataan yang sesuai dengan harapan, dan siap menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan.
  2. Ridho, kondisi hati yang ridho sangat membantu proses ikhtiar menghadapi masalah menjadi positif.
  3. Jangan mempersulit diri, dengan membelenggu diri sendiri.  Dalam menghadapi persoalan sesulit apapun jangan terlalu hanyut dalam pikiran yang salah, kita harus tenang, menguasai diri, dan renungkan janji dan jaminan pertolongan Allah.
  4. Evaluasi diri, apakah kita sudah melakukan yang terbaik.
  5. Bersandar pada Yang Maha Kuasa, jangan takut menghadapi masalah, tapi takutlah tidak mendapatkan pertolongan Allah dalam menghadapinya, karena tanpa pertolongannya kita akan terus berkelana dalam keresahan dan kesusahan


Dalam training diuraikan bagaimana menggalai potensi dalam diri kita. Potensi yang dimiliki oleh manusia ada 3, yaitu:

   1. Potensi Fisik
   2. Potensi Akal
   3. Potensi Hati

Maka, untuk membuat hidup kita lebih baik, jauhkan semua pikiran-pikiran negatif dari dalam diri kita. Gali semua potensi yang kita miliki, dan jangan pernah berharap untuk menjadi seorang  yang sukses, tetapi berharaplah untuk menjadi seorang yang berguna, dan kita harus yakinkan pada diri kita, bahwa tidak ada sesuatu yang tidak mungkin tanpa izin-Nya.


top   to bottom


share share | kirim | cetak | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Info Kampus" Lainnya