logo

PPBN

                Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa baru Universitas Siliwangi. PPBN ini dilaksanakan dari tanggal 5-13 Februari. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 3000 Mahasiswa Baru angkatan 2009/2010, agak berbeda jika dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya, jika sebelumnya kegiatan ini hanya berlangsung di sekitar Lapangan kampus UNSIL, namun pada tahun ini Upacara Pembukaan serta pemberian materi dilaksanakan di GOR Sukapura Dadaha dan sekitarnya sampai dengan hari rabu, dan latihan lapangan mulai hari kamis sampai upacara penutupan kegiatan PPBN dilaksanakan di Lapang Universitas Siliwangi dan sekitarnya,  selain itu, tahun ini pelaksanaan kegiatan PPBN digabung antara kelas karyawan dan kelas reguler. “dikarenakan mungkin dengan keadaan gedung mandala yang tidak memungkinkan untuk menampung lebih dari 3000 mahasiswa, oleh karena itu, pelaksanaan PPBN dilangsungkan di Lapang Dadaha dan sekitarnya, karena peserta PPBN tahun ini jauh lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya berjumlah kurang dari 3000 mahasiswa” ujar salah satu pelatih PPBN.

 Kegiatan yang berlangsung selama 8 hari serta melibatkan anggota TNI dari brigif  baserta POLRI ini bukan semata-mata mendidik mahasiswa secara militer, melainkan tujuan dari PPBN ini adalah untuk menambahkan disiplin dalam diri, merencanakan, mempersiapkan dan menyusun kekuatan mahasiswa untuk ketertiban dan ketahanan kampus serta memperkuat Ketahanan Nasional melalui wajib Pendidikan Pendahuluan Negara ini. Selain tiu melalui kegiatan PPBN ini dapat melatih Mahasiswa memiliki rasa peduli yang tinggi dan menjadi terbiasa mentaati kaidah-kaidah dalam kehidupan bersama.  

            Materi yang diberikan meliputi sejarah perjuangan bangsa, Peraturan Baris Berbaris, Tata Upacara/Penghormatan, pengetahuan mengenai persenjataan serta pengenalan ilmu medan. Selain pengetahuan seputar militer, peserta PPBN mendapatkan penyegaran dengan dilaksanakannya long march yang finish-nya di Objek Wisata Situ Gede.

 Antusias mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan ini ditunjukkan oleh semangatnya dalam menjalankan setiap kegiatan yang berlangsung dari awal sampai akhir, walaupun dihadapkan pada cuaca yang kurang bersahabat. Namun kegiatan tetap dapat berjalan dengan lancar sampai penutupan yang dilaksanakan hari sabtu. 


top   to bottom


share share | kirim | cetak | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Info Kampus" Lainnya