logo

Tips Atasi Jenuh Nge-Blog

Pernah mengalami kejenuhan dalam blogging? Saya pernah, beberapa kali malah. Rasanya tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mau bikin postingan, tidak ada ide. Mau blogwalking, juga malas. Ujung-ujungnya chatting di facebook, itupun cuman sebentar, karena bad mood. Tetapi lama-lama saya menemukan cara mengatasi kejenuhan dalam blogging. Biasanya saya break untuk beberapa waktu, misalkan 1 atau 2 hari tidak membuka internet. Komputer nyala, langsung aja nge-game. Atau berlama-lama membaca koran atau menonton televisi.

 

Kadang-kadang saya keluar bermain di taman kota (di kota saya ada alun-alun yang enak buat rekreasi keluarga) bersama anak saya. Lumayan bisa mengurangi kejenuhan. Karena biasanya pas kita dijalan atau dimana saja, kita bertemu sesuatu yang membuat kita terpancing untuk mengeluarkan ide. Kadang juga bertemu teman-teman lama. Dari situ juga tidak jarang muncul semangat baru.

 

Nah, tips mengatasi kejenuhan dalam ngeblog yang berikut saya petik dari tulisan seorang blogger senior, Problogger.com. Saya jujur saja, senang membaca artikel-artikel di blognya. Oke mari kita simak ya, semoga bisa membuat anda yang lagi suntuk ngeblog, menjadi bergairah kembali.

 

 

Jika anda jenuh dalam blogging:

1. Pikirkan bahwa Anda tidak sendiri. Banyak kawan senasib yang juga mengalami hal yang sama. Artinya, apa yang anda alami adalah hal yang wajar, tidak perlu didramatisir berlebihan. Kejenuhan, bosan dan suntuk adalah sesuatu yang normal dan sangat manusiawi.

 

2. Kuatkan tekad untuk tetap berada di garis niat awal. Apakah niat awal Anda untuk nge-blog? Cari teman, cari kegiatan, menuangkan ide, atau mencari uang?Terlalu banyak tujuan dalam ngeblog biasanya akan memberikan efek bingung tidak tahu mana dulu yang harus dikerjakan. Inilah salah satu penyebab kejenuhan. Jadi, konsentrasi pada garis awal niat Anda dalam ngeblog.

 

3. Sediakan waktu selain waktu ngeblog. JIka anda mengalami kejenuhan dalam aktivitas blogging, maka perlu Anda sediakan waktu disamping ngeblog. Artinya, Anda tidak akan bisa hidup normal dengan waktu kerja di internet yang ketat. Sediakan waktu setiap hari setelah Anda membaca berbagai e-mail yang masuk. Meskipun hanya 15 menit.

 

4. Lakukan diskusi dengan teman atau salah satu keluarga Anda di rumah tentang pilihan topik yang akan Anda tulis di Blog. Ada cara yang bagus, bagaimana menentukan topik artikel di blog. Untuk ini, Anda memerlukan Mind Map Technique. Teknik brainstorming ini sangat efektif untuk mengatasi kebuntuan dalam menuangkan pilihan topik dalam blog.

 

5. Tips terakhir adalah, sering-seringlah bertemu dengan orang lain yang berbeda. Karena jika Anda jenuh, sebenarnya Anda butuh refresh pikiran. Bertemu dengan orang-orang baru akan membuat fikiran Anda selalu fresh.


top   to bottom


share share | kirim | cetak | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Tips And Trik" Lainnya