logo

Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIL

INFO PMB UNSIL
TAHUN AKADEMIK 2008/2009

PERSYARATAN UMUM
Lulusan SLTA dan yang sederajat (untuk jenjang D3 dan S1), lulusan Sarjana (untuk jenjang S2), dengan persyaratan :
  • WNI dan WNI Keturunan yang dikukuhkan dengan surat kewarganegaraan.
  • WNA dengan izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas.
PERSYARATAN KHUSUS
  1. Fotokopy ijazah/STTB SLTA dilegalisasi (3lebar).
  2. Fotokopi Nilai EBTA dan NEM/DANUN atau STK dilegalisir (3 lembar).
  3. Pasfoto berwarna ukuran 2x3 cm (4 lembar) dan 3x4 cm (6 lembar).
  4. Surat izin orang tua bagi calon mahasiswa reguler (format disediakan).
  5. Surat izin dari instansi bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja.
  6. Surat Keterangan berbadan sehat dari dokter Balai Pengobatan UNSIL (asli).
  7. Surat Keterangan berkelakuan baik dari sekolah (lulusan 2008) atau dari POLRI.
Syarat tambahan bagi calon mahasiswa pindahan atau melanjutkan
  1. Ijazah/STTB dan Transkrip Nilai Diploma dilegalisir (3 lembar) bagi yang melanjutkan.
  2. Surat Keterangan Pindah dan Transkrip Nilai dari PTN/PTS (3 lembar) untuk calon mahasiswa pindahan.

Catatan :
khusus bagi calon mahasiswa pindahan, termasuk yang alih jalur dan alih program, didasarkan atas pengakuan kredit (sks) yang telah dimiliki, dengan ketentuan berasal dari program studi yang memiliki peringkat akreditasi sama atau lebih tinggi dengan IPK minimal 2,00, dan berkedudukan maksimal di semester 6 (enam).

PENDAFTARAN LANGSUNG
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00 dibayar melalui Bank BNI Unit Universitas Siliwangi dengan menggunakan SLIP khusus Universitas Siliwangi, selanjutnya 1 lembar SLIP Pembayaran ditukarkan dengan Formulir Pendaftaran dan kelengkapannya di Sekretariat Pendaftaran Mahasiswa Baru : Biro Administrasi Akademik Universitas Siliwangi.
  • Bagi calon mahasiswa yang memerlukan pemeriksaan dokter bisa langsung ke Balai Pengobatan Universiatas Siliwangi Tanpa dipungut biaya.
  • Bagi jalur 10 besar, langsung menyerahkan seluruh persyaratan tanpa biaya pendaftaran.
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Menyerahkan formulir yang telah diisi dan dilengkapi dengan persyaratan.
  • Menerima Tanda Peserta Ujian Seleksi, bagi yang menggunakan jalur test.
  • Menerima Bukti Penerimaan, bagi yang menggunakan jalur 10 besar (tanpa test).
  • Menerima formulir “konversi nilai” (untuk calon mahasiswa pindahan/melanjutkan) yang harus disetujui oleh Pembantu Dekan/Ketua Program Studi.
Khusus untuk Penerimaan mahasiswa Program Pendidikan Magister (S2) dilaksanakan melalui seleksi yaitu atas dasar transkrip akademik yang telah selesai ditempuh (S1), dan seleksi akademik yang didasarkan atas kemampuan akademik calon mahasiswa.

Ketentuan mengenai Prosedur; Persyaratan lain, dan Tata Cara Pendaftaran agar berhubungan langsung dengan Sekretariat Program Pascasarjana Universitas Siliwangi.

PENDAFTARAN JARAK JAUH

Pendaftaran jarak jauh adalah layanan Penerimaan Mahasiswa Baru melalui fasilitas internet dengan cara membuka website unsil.Prosedur yang harus ditempuh oleh calon mahasiswa baru yang memilih cara pendaftaran jarak jauh adalah sebagai berikut :
  1. Seluruh persyaratan berlaku sama seperti calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran langsung ke Universitas Siliwangi.
  2. Menyerahkan persyaratan dapat dilakukan melalui Jas Pos (paket) yang ditujukan kepada Panitia PMB c.q. Biro Administrasi Akademik Unsil; atau datang langsung ke Sekretariat Pendaftaran selambat-lambatnya :
    · 2 (dua) hari sebelum Ujian Saringan Untuk Jalur Test
    · 2 (dua) hari sebelum Daftar Ulang Untuk Jalur Tanpa Test
  3. Untuk calon mahasiswa pindahan atau melanjutkan yang menginginkan adanya konversi nilaian bawaan dari PTN/PTS sebelumnya tidak diterima melakukan pendaftaran jarak jauh sebingga harus menghubungi Panitia PMB 2 (dua) minggu sebelum berakhir masa daftar ulang.
  4. Pembayaran Biaya Pendaftaran bagi calon yang memilih jalur Test, dapat dilakukan melalui setoran Bank di daerah masing-masing (Bank yang diperkirakan lebih cepat melakukan transper/on-line) sebesar Rp. 100.000,oo (seratus ribu rupiah) ke Rekening Rektor Universitas Siliwangi Nomor 0025461431 Taplus Bank BNI Cabang Tasikmalaya.
  5. Untuk mendapatkan legitimasi diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Siliwangi bukti setoran Bank (untuk jalur test) atau surat Keterangan 10 besar dari sekolah (untuk jalur tanpa test) dikirim lewat faksimile ke Panitia PMB Unsil melalui nomor 0265 325812, baik sebelum atau sesudah calon mahasiswa mengisi formulir yang tersedia pada Website Unsil.
  6. Setelah bukti setoran atau surat keterangan dari sekolah kami terima, maka calon mahasiswa akan tercantum dalam Daftar Resmi Calon Mahasiswa yang kami tampilkan berikut Kartu Peserta Ujian atau Kartu 10 besar yang siap anda isi dengan Pas Foto melalui proses upload (secara manual kami siapkan Kartu Peserta Test atau Kartu 10 Besar) yang dapat diambil 1 (satu) hari sebelum ujian/daftar ulang diselenggarakan.
JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Gelombang I
Pendaftaran 5 Mei s.d. 3 Juli 2008
Ujian Saringan 7 Juli 2008
Pengumuman Hasil 10 Juli 2008
Daftar Ulang 14 Juli s.d. 8 Agustus 2008

Gelombang II
Pendaftaran 4 Juli s.d. 16 Agustus 2008
Ujian Saringan 20 Agustus 2008
Pengumuman Hasil 22 Agustus 2008
Daftar Ulang 25 Agustus s.d. 30 Agustus 2008

SELEKSI
Saringan masuk Universitas Siliwangi dapat ditempuh melalui “dua jalur”, yaitu jalur Sepuluh Besar dan jalur Ujian Saringan.

1. Jalur Sepuluh Besar
Diperuntukan bagi calon mahasiswa baru lulusan SLTA tahun 2008 yang memiliki prestasi kelas dari peringkat 1 sampai 10, dapat diterima langsung tanpa melalui ujian saringan serta dibebaskan dari biaya pendaftaran, dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Melampirkan Surat Keterangan dari sekolah asal yang menyatakan benar-benar termasuk pada peringkat 10 besar di kelas XII pada semester terakhir.
  2. Melampirkan fotokopi raport kelas XII sebagaimana dimaksud pada butir (a) di atas.
  3. Jalur sepuluh besar tidak berlaku untuk pilihan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Program Studi Manajemen, Akuntansi, dan Manajemen Keuangan dan Perbankan, pada Fakultas Ekonomi.
  4. Proses pendaftaran dilaksanakan secara langsung dengan membawa seluruh persyaratan termasuk surat keterangan 10 besar dari sekolah serta salinan raport yang dilegalisir.
  5. Sebagaimana tersebut pada butir 4, selanjutnya calon mahasiswa menerima “KARTU 10 BESAR” sebagai bukti diterima menjadi calon mahasiswa baru tahun akademik 2008/2009 melalui jalur sepuluh besar.
  6. Apabila calon mahasiswa sudah terlanjur membeli formulir Rp. 100.000,oo kemudian memperlihatkan bukti yang “ sah” sebagai siswa berprestasi sepuluh besar, maka biaya pendaftaran akan dikembalikan, dengan catatan tidak memilih program studi tersebut pada butir 3 dan kelengkapan formulir yang diterima oleh calon mahasiswa dalam keadaan utuh : (tidak berlaku untuk pendaftaran Jarak Jauh).
  7. Jika calon mahasiswa sudah diterima pada “jalur sepuluh besar” kemudian menghendaki pindah untuk memilih program studi tersebut pada butir 3, maka harus melalui Jalur ujian saringan yang diawali dari pembelian formulir sebesar Rp. 100.000,oo.
  8. Bebas memilih program studi di luar ketentuan butir ©, tanpa melihat asal jurusan di SLTA, baik berasal dari jurusan IPS, IPA, Bahasa maupun dari MA atau SMK.
2. Jalur Ujian Saringan

Ujian saringan masuk Universitas Siliwangi tahun akademik 2008/2009 tidak mengenal kelompok IPA atau IPS, sehingga seluruh calon mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih program studi manapun, sebagai berikut :
  1. Calon mahasiswa dapat memilih 2 program studi pada fakultas yang berbeda.
  2. Program Studi yang dipilih pada Pilihan I maupun Pilihan II dapat berbeda jenjang studi baik S1 maupun D3 atau sebaliknya.
  3. Calon mahasiswa yang memilih Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris, P endidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Program Studi : Manajemen Keuangan dan Perbankan pada Fakultas Ekonomi, serta Program Studi : Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kesehatan Masyarakat, baik sebagai Pilihan maupun Pilihan II harus mengikuti Test Lisan, Test Keterampilan Olahraga, atau Psikotes.
  4. Calon mahasiswa yang bermaksud merubah pilihan Program Studi, harus dilaksanakan sehari sebelum ujian saringan, dan Tidak dibenarkan jika perubahan diinginkan setelah “ kel ulusan ”. Apabila calon betul-betul menginginkan perubahanpilihan program studi setelah dibuka kelulusan, maka harus melalui proses pendaftaran kembali seperti sebelumnya.
JADWAL UJIAN

Ujian Tulis Gelombang I
7 Juli 2008 Jam 08.30 s.d. 10.00

Gelombang II
20 Agustus 2008 Jam 08.30 s.d. 10.00

Ujian Khusus Baik Gelombang I maupun Gelombang II dilaksanakan setelah Ujian Tulis dimulai jam 11.00 sampai dengan selesai, untuk Program Studi :
  • Pendidikan Bahasa Inggris Test Wawancara
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Test Keterampilan Olahraga
  • Manajemen Keuangan dan Perbankan Psikotes
  • Kesehatan Masyarakat Test Wawancara
TATA TERTIB UJIAN
Ujian saringan dilaksanakan di Kampus Universitas Siliwangi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, ruang dan tempat duduk dapat dilihat satu hari sebelum ujian dilaksanakan.

Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat mengikuti ujian saringan :
  1. Jika peserta test tidak datang pada waktunya, atau hanya mengerjakan sebagian materi test yang diikuti, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri dan biaya yang telah diserahkan tidak dapat dikembalikan.
  2. Peserta test harus hadir 15 menit sebelum ujian dilaksanakan
  3. Ruangan dan tempat duduk harus sesuai dengan nomor yang tercantum pada kartu peserta.
  4. Peserta test tidak diperkenankan membawa barang-barang lain (kecuali alat tulis), merokok atau makan/minum, serta tidak mengaktifkan HP di ruangan selama ujian berlangsung.
  5. Tidak memakai alas kaki SANDAL.
  6. Peserta test hanya diperkenankan meninggalkan ruangan setelah diijinkan oleh petugas ujian
  7. Kartu Peserta Test jangan hilang, akan digunakan pada saat daftar ulang.
PENGUMUMAN HASIL UJIAN

Pengumuman hasil test dapat dilihat pada papan pengumuman di halaman depan Gedung Rektorat Universitas Siliwangi atau pada Website Unsil sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan.

Setelah dinyatakan lulus test, calon mahasiswa dapat menghubungi Sekretariat pendaftaran untuk mendapatkan lembar informasi pelaksanaan daftar ulang (registrasi) atau membuka lembar pengumuman pada website.

DAFTAR ULANG

Dalam tahapan ini calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, dapat menanyakan informasi mengenai pelaksanaan daftar ulang (registrasi) kepada Panitia PMB.
Bagi calon mahasiswa yang siap melaksanakan daftar ulang/registrasi dapat dilayani langsung melalui tahapan sebagai berikut :
  • Calon yang menggunakan jalur Ujian Saringan agar memperlihatkan Kartu Peserta Test dan calon yang menggunakan jalur Sepuluh Besar (tanpa test) agar memperlihatkan Kartu Sepuluh Besar untuk mendapatkan surat pengantar registrasi ke BNI.
  • Melaksanakan pembayaran Biaya Pengembangan Universitas (BPU, Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP), Biaya Registrasi (BR), dan Biaya Ekstrakurikuler.
  • Melengkapi persyaratan, khusus bagi calon mahasiswa yang belum melengkapi persyaratan pada saat pendaftaran;
  • Mendaftarkan diri sebagai peserta P2SPT, PPBN, dan JPKM.
  • Membuat Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
BIAYA PENDIDIKAN

Biaya yang harus dibayar oleh calon mahasiswa adalah :
  1. Biaya Pengembangan Universitas (BPU), dibayar satu kali selama masa kuliah.
  2. Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP), dan Biaya Registrasi (BR), dibayar tiap semester.
  3. Biaya Operasional Kuliah (BOK), dibayar tiap semester setelah bimbingan akademik (perwalian), besarnya Biaya Operasional Kuliah keseluruhan merupakan perkalian dari jumlah sks yang dikontrak terhadap besarnya BOK.
  4. Biaya Ekstrakurikuler (Kegiatan Kemahasiswaan)

BOK atau Biaya SKS Masing-Masing Fakultas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Rp.35.000,00 / SKS
Fakultas Ekonomi D3 Rp.32.500,00 / SKS
Fakultas Ekonomi S1 Rp.37.500,00 / SKS
Fakultas Pertanian Rp.37.500,00 / SKS
Fakultas Teknik Rp.37.500,00 / SKS
Fakultas Agama Islam Rp.30.000,00 / SKS
Fakultas Kesehatan Masyarakat (Reguler) Rp.40.000,00 / SKS
Fakultas Kesehatan Masyarakat (Karyawan)

Rp.55.000,00 / SKS

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Rp.35.000,00 / SKS


Biaya yang Harus dibayar pada saat daftar ulang antara lain :

Fakultas/Program
Besarnya Biaya Yang Harus Dibayar
BPU BPP BR Jumlah
Ekonomi D3 Rp.1.450.000,00 Rp.775.000,00 Rp.25.000,00 Rp.2.250.000,00
Ekonomi S1 Rp.1.600.000,00 Rp.875.000,00 Rp.25.000,00 Rp.2.500.000,00
Pertanian Rp.1.500.000,00 Rp.875.000,00 Rp.25.000,00 Rp.2.400.000,00
Teknik Rp.1.500.000,00 Rp.875.000,00 Rp.25.000,00 Rp.2.400.000,00
Agama Islam Rp. 900.000,00 Rp.775.000,00 Rp.25.000,00 Rp.1.700.000,00
Kesehatan Masyarakat Rp.1.750.000,00 Rp.962.500,00 Rp.25.000,00 Rp.2.737.500,00
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Rp.1.500.000,00 Rp.875.000,00 Rp.25.000,00 Rp.2.400.000,00
Perhotelan Rp.1.400.000,00 Rp.775.000,00 Rp.25.000,00 Rp.2.200.000,00


Ditambah dengan biaya Ekstra Kulikuler sebesar Rp.495.000,00 dengan perincian biaya sebagai berikut :


1 P2SPT Rp. 85.000,00
2 Asuransi Rp. 20.000,00
3 IKM Rp. 25.000,00
4 JPKM Rp.200.000,00
5 IOM Rp. 40.000,00
6 PPBN Rp.125.000,00

Info Selengkapnya : http://unsil.ac.id


top   to bottom


share share | kirim | cetak | pdf pdf

Delicious   Digg Reddit Stumble   Yahoo Technorati

Post Kategori "Info Kampus" Lainnya