logo

Visi Misi Jurusan Akuntansi

VISI:

VISI Program Studi Akuntansi adalah menjadi pusat pengembangan Akuntansi yang berdasarkan budaya masyarakat yang religius.

 

Misi :

Misi program studi akuntansi yaitu: Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan akademik guna menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi sarjana yang berwawasan luas (berfikir global), tetapi Mampu memahami kebutuhan lingkungannya yang ditunjang oleh kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara terintegrasi melalui pendekatan ilmiah terutama pada pengembangan sumber daya dan atau aplikasi ilmu (implikasi dari hasil penelitian)


Tujuan :

Tujuan Program Studi

Tujuan pendidikan yang diselenggarakan oleh program studi akuntansi adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi :

1. Menguasai pokok-pokok ilmiah dalam bidang ekonomi terutama dalam bidang pengetahuan akuntansi dengan penekanan terhadap aspek keuangan, akuntansi sektor publik, akuntansi syariah sehingga dapat mengembangkan/memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, mengupayakan aplikasinya dalam bidang yang relevan.

2. Menghasilkan lulusan sarjana akuntansi yang mempunyai jiwa religius, mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan.


Sasaran dan Strategi Pencapaiannya :

Sasaran dari Program Studi adalah:

1. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang akuntansi khususnya akuntansi sektor publik, akuntansi keuangan dan akuntansi syariah.

2. Menghasilakan karya ilmiah di bidang akuntansi yang berbasis nilai-nilai religious

3. Meningkatkan kesejahtraan masyarakat dengan dijiwai dengan nilai-nilai religious.

Strategi Pencapaiannya:

1. Dalam meningkatakan penguasaan disiplin ilmu akuntansi sektor publik program studi akuntansi melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk melakukan konsulutasi akuntansi sektor publik secara nyata dilapangan.

2. Dalam meningkatakan penguasaan disiplin ilmu akuntansi keuangan program studi akuntansi melakukan kerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia. Ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan akuntansi masa kini.

3. Dalam meningkatakan penguasaan disiplin ilmu akuntansi syariah program studi akuntansi melakukan kerja sama dengan perbankan syariah, untuk melakukan konsulutasi akuntansi syariah secara nyata dilapangan

4. Pengingkatan pembinaan akademik, seperti workshop kurikulum dan silabus

berbasis kompetensi akademik seperti workshop kurikulum, workshop silabus,

kontrak perkuliahan, GBPP dan Satuan Acara Pembelajaran. Berbasis kompetensi

terintegrasi, memperbanyak pengadaan buku berhubungan dengan program studi di perpustakaan termasuk buku ajar yang disusun oleh para dosen, pembinaan dan pengembangan laboratorium.

5. Dalam jangka waktu lima tahun ke depan mentargetkan tambahan Doktor (S3) sebanyak dua orang, dan sekarang doktor yang ada sebanyak 3 orang program studi memberikan dukungan penuh untuk dilanjutkan ke Guru Besar, sehingga pada tahun 2018 Guru Besar Akuntansi tambah 3 orang.

6. Meningkatkan penelitian dosen, dan pengabdian masyarakat dosen. Pada

penelitian dosen untuk dosen yang sudah doktor untuk segera hasil penelitiannya di publikasi di Internasional sehingga mempercepat pengajuan jabatan fungsional ke Guru Besar.

7. Mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak, baik pihak institusi pemerintah maupun swasta dan asosiasi profesi akuntansi.